Posted on

Macam-Macam Sistem Operasi Mobile

Sebagian besar dari kita tentunya memiliki telepon genggam (HP/mobile). Namun, tahukah kita bahwa didalam telepon genggam kita terdapat suatu sistem operasi yang disebut Sistem Operasi Mobile. Sistem Operasi Mobile adalah software utama yang melakukan manajemen dan kontrol terhadap hardware dan terhadap software-software lainnya agar dapat bekerja. Ada banyak sekali macam-macam Sistem Operasi Mobile. Apa saja? Mari kita simak.

iOS (Apple)

iOS adalah Sistem Operasi Mobile yang dikembangkan oleh Apple. Awalnya dikembangkan untuk iPhone, namun kemudian juga dikembangkan untuk iPod Touch, iPad, dan Apple TV. Apple tidak mengizinkan OS untuk dijalankan pada hardware pihak ketiga. Interface pengguna iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung, menggunakan gerakan multi-touch. Elemen kendali Interface terdiri dari slider, switch, dan tombol. Interaksi dengan OS mencakup gerakan seperti menggesekkan, penyadapan, mencubit, dan sebaliknya mencubit. Akselerometer internal digunakan oleh beberapa aplikasi untuk merespon guncangan perangkat (satu hasil yang umum adalah membatalkan perintah) atau berputar dalam mode tiga dimensi (satu hasil yang umum adalah beralih dari portrait ke modus landscape). Dalam IOS, ada empat lapisan abstraksi: Core OS layer, Core Services layer, Media layer, dan Cocoa Touch layer. Sistem operasi membutuhkan sekitar 500 megabyte penyimpanan perangkat, bervariasi untuk setiap perangkat yang diimplementasikan.

Kelebihan:

–          Multitasking.

–          Navigasi mudah dan mendukung GPS.

–          Terintegrasi penuh dengan OS Apple yang lain.

–          Dukungan multimedia sangat baik.

–          User Interface yang interaktif.

–          Tersedia AppStore untuk memenuhi kebutuhan user.

Kekurangan:

–          Tidak support flash (Safari Mobile).

–          Penempatan antena kurang baik.

–          Standar aplikasi pengembang sangat ketat.

Android

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Kelebihan:

–          Open source.

–          Multitasking.

–          Kemudahan dalam notifikasi.

–          Mendukung banyak hardware mobile.

–          Management widget yang flexibel.

–          Tersedia banyak aplikasi pendukung.

–          Dukungan penuh dari Google.

–          User Interface yang interaktif.

–          Telah mendukung HTML5.

–          Tersedia Android Market untuk memenuhi kebutuhan user.

–          Mendukung GPS.

Kekurangan:

–          Harus terus update untuk memperbaiki bug.

–          Banyak terpampang iklan dalam aplikasi

Windows Mobile

Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi  (OS) mobile yang dikembangkan oleh Microsoft  dan di desain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainya. Versi saat ini disebut ‘Windows 7 Mobile’. OS ini berbasis pada Windows CE 7 Kernel, dan fitur-fiturnya dikembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop. Sebagai tambahan, third party software development tersedia untuk Windows Mobile. Pertama kali dirilis sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, kebanyakan perangkat Windows Mobile dilengkapi dengan Stylus Pen, yang mana di gunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar.

Kelebihan:

–          Dukungan penuh dari Microsoft.

–          Aplikasi office yang lengkap.

–          Tersedia Android Market untuk memenuhi kebutuhan user.

–          Tersedia fitur Find My Phone untuk mengetahui lokasi ponsel anda.

–          Tersedia fitur Live Tiles untuk memberikan informasi pada homescreen ponsel anda.

Kekurangan:

–          Mudah terserang malware.

–          Keterbatasan multitasking (hanya untuk aplikasi tertentu).

–          Aplikasi bawaan kurang memadai (tidak ada bluetooth, Windows Explorer, Silverlight).

–          Tidak mendukung internet tethering.

RIM Blackberry

BlackBerry OS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan RIM yang mendukung layanan multitasking untuk produk BlackBerry. BlackBerry diperkenalkan tahun 1997 oleh Perusahaan Kanada, Research in Motion(RIM) yang mampu menyampaikan informasi jaringan data nirkabel. BlackBerry mulai dikenalkan di Indonesia pada Desember 2004 oleh operator di Indonesia. Pasar BlackBerry mulai diramaikan oleh berbagai operator dengan menyediakan berbagai pilihan layanan seperti BlackBerry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server. BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sejauh ini, fasilitas BlackBerry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.

Kelebihan:

–          Fungsi BBM yang digunakan untuk chatting antar blackberry.

–          Customize Theme untuk user level untuk mendesign thema blackberrynya sendiri.

–          Fungsi geotag pada blackberry berGPS yang berisikan informasi.

–          Tampilan akses multimedia yang sangat nyaman untuk digunakan.

–          Fitur firewallnya efektif dalam memblok sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.

–          System full backup/recover mempermudah user dalam membackup data-data penting.

Kekurangan:

–          Belum mendukung conference call.

–          Tidak ada aplikasi native untuk menerima dan mengirimkan fax.

–          Spell check yang membantu pengecekan kesalahan ketik hanya dapat berjalan jika selesai diketik semua.

–          Sinkronisasi antara email di blackberry dan server kurang maksimal.

–          Browser bawaannya tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi.

Symbian OS

Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antarmuka yang didefenisikan pada level aplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi (dan juga variabel serta struktur data) yang mengelola/memanggil kernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada produk telepon bergerak yang bermacam-macam.

Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secaraevent-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi.

Kelebihan:

–          Sistem stabil.

–          Hemat Baterai.

–          Mendukung video call.

–          User Friendly.

–          Banyak dukungan aplikasi.

Kekurangan:

–          Interface yang statis.

–          Mudah terserang malware.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya dalam memilih Sistem Operasi Mobile yang sesuai bagi kita. Karena apabila kita salah memilih Sistem Operasi Mobile yang tepat, akibatnya bisa fatal. Namun tidak dapat pula dipaksakan sistem operasi mana yang harus kita pakai. Semuanya tergantung kepada kita dan kepada kita, dan informasi diatas merupakan gambaran dari beberapa Sistem Operasi Mobile yang ada.

Sekian, terima kasih, dan berkah dalem.

Yoseph Amadeus Abel P / 9 Aks/17

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s